#1 Your Trusted Business Partner

Mengoptimalkan Siaran Pers untuk Mendapatkan Perhatian Audiens dan Media

KangFirman

Mengoptimalkan Siaran Pers untuk Mendapatkan Perhatian Audiens dan Media

Jasa Publikasi Media Online – Jadi, bisnis atau merek Anda baru saja mencapai sesuatu yang besar: Anda baru saja menjual suatu yang unik atau mengesankan ke pasar baru, Anda merayakan penambahan anggota baru dalam tim manajemen, atau tim Anda baru saja menyelesaikan penggalangan dana amal yang menantang. Sekarang Anda ingin memberi tahu dunia betapa hebatnya Anda, jadi Anda beralih ke siaran pers yang dipublikasikanjasa publikasi media online.

Apa yang Dimaksud dengan Siaran Pers?

Pertama-tama, apa yang dimaksud dengan siaran pers? Siaran pers, rilis berita atau pernyataan pers adalah komunikasi tertulis yang secara strategis ditargetkan kepada anggota media berita untuk mengumumkan dan menginformasikan sebuah kejadian atau peristiwa yang dianggap sebagai berita, atau layak diberitakan. Pernyataan pers harus secara jelas menyajikan fakta dan informasi penting dari suatu peristiwa penting untuk mendorong peliputan oleh media, dengan tata letak yang sangat berbeda dengan bentuk komunikasi ini.

Apakah cerita atau peristiwa saya layak diberitakan?

Berhenti. Bahkan sebelum Anda mulai menyusun siaran pers, Anda harus bertanya pada diri sendiri: “Apakah ada nilai dalam cerita ini?”, “Apakah ini layak diberitakan, apakah layak untuk diterbitkan?”, “Apakah saya akan tertarik untuk membaca cerita ini?”. Anda tidak boleh menulis atau menerbitkan siaran pers dengan materi yang tidak layak diberitakan. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan liputan dan meningkatkan kesadaran di antara audiens target Anda, dan cerita tersebut tidak akan diangkat jika tidak dianggap menarik atau relevan.

Jika Anda menjawab ‘tidak’ untuk salah satu atau semua pertanyaan di atas, waktu dan upaya Anda bisa lebih baik difokuskan di tempat lain, mungkin membagikan berita terbaru Anda dari mulut ke mulut di acara-acara industri, atau secara online melalui situs web bisnis atau saluran media sosial Anda.

Apa Sudut Pandang Penulis?

Nah, siapa target pembaca Anda? Jika Anda menargetkan pembaca situs web atau publikasi industri yang sangat spesialis, sudut pandang Anda akan sangat berbeda dengan pembaca koran lokal. Jika Anda berharap untuk menyasar keduanya, Anda harus menerbitkan dua rilis yang sangat berbeda. Ketika memikirkan target pembaca Anda, akan sangat berguna untuk memahami apa yang mereka ketahui tentang perusahaan Anda dan produknya, dan jenis bahasa yang akan mereka pahami. Hal ini akan membantu Anda menyadari apa yang mungkin menarik bagi para pembaca, dan bagaimana cara mengungkapkannya.

Yang paling penting, konten harus objektif, informatif dan faktual, bukannya terlalu didorong oleh penjualan atau promosi – rilis adalah tentang pencapaian bisnis Anda yang merayakan kesuksesan Anda, bukan kehebatan bisnis Anda itu sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Mempublikasikan Siaran Pers untuk Kesuksesan Website Anda

Publikasi: Menargetkan dan Mempromosikan Siaran Pers Anda

Email

Email adalah sarana distribusi siaran pers yang umum digunakan. Cara ini banyak digunakan, cepat, dan mudah. Tempelkan salinan siaran pers ke dalam badan email itu sendiri dalam bentuk teks biasa daripada menambahkannya sebagai lampiran. Setelah Anda memilih jasa publikasimedia online yang akan dikirimi siaran pers, Anda bisa menghubungi publikasi tersebut untuk meminta alamat email orang yang akan menerimanya, namun sebaiknya Anda tidak mengejar-ngejar untuk mengetahui apakah mereka sudah menerimanya, karena wartawan yang sibuk biasanya tidak suka melakukan hal ini.

Saluran distribusi lainnya

Jika Anda tidak memiliki waktu atau kepercayaan diri untuk menulis siaran pers sendiri, atau mencari daftar distribusi, Anda dapat menggunakan salah satu dari sekian banyak layanan humas atau distribusi.

Mendapatkan liputan

Untuk mengetahui di mana berita Anda telah diliput, Anda dapat mengatur ‘Lansiran’ di Google, Yahoo, dan mesin pencari Internet lainnya. Menambahkannya untuk nama perusahaan Anda akan membantu memunculkan liputan Anda. Beberapa layanan distribusi dan publikasi juga akan mengirimkan notifikasi liputan jika cerita Anda digunakan.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersediany jasa publikasi media online. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa publikasi media online ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.