#1 Your Trusted Business Partner

Tips Menangani Krisis Public Relations Agar Customer Semakin Percaya

KangFirman

Tips Menangani Krisis Public Relations Agar Customer Semakin Percaya

Jasa Publikasi Media Nasional – Media adalah salah satu mitra strategis dari hubungan masyarakat. Sama halnya dengan hubungan masyarakat, pastinya media mempunyai peran yang penting untuk memenuhi hak masyarakat agar bisa mengetahui informasi. Dalam melaksanakan perannya tersebut, media dituntut harus bisa memberikan penyajian informasi yang imbang dan akurat supaya selalu menjadi rujukan publik yang merupakan audience atau pembacanya. Pada dasarnya fungsi dari humas maupun orang-orang yang berkaitan di dalamnya, misalnya seperti jasa publikasi media nasional adalah untuk membuat publik percaya.

Ketidakpercayaan publik pada media merupakan salah satu krisis yang tengah terjadi di berbagai bentuk media itu sendiri. Krisis seperti ini tentu saja bisa menyerang perusahaan anda dari segala arah, mulai dari salah karena memposting konten pada sosial media, hingga produk atau layanan yang dianggap gagal oleh konsumen. Terlepas dari suatu hal yang dilakukan, Krisis kepercayaan masyarakat ini pastinya akan berdampak pada image dan reputasi perusahaan. Pada saat seperti ini, lebih baik perusahaan mengerahkan segala skill Komunikasi untuk mengatasinya.

Jangan sampai perusahaan mengalami krisis kepercayaan publik, yaitu dengan menulis press release sejujur mungkin dan memanfaatkan jasa publikasi media nasional yang terpercaya. Namun, jika sudah terlanjur terkena krisis hubungan masyarakat pada perusahaan anda, Apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin perlu untuk dilakukan.

Mengakui Kesalahan yang Dilakukan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk untuk mengambil tindakan penanganan krisis ini adalah mengakui kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan. Jangan memberikan respon yang lambat atau bahkan berdiam diri saja, sebab hal ini justru akan membuat customer atau konsumen Anda semakin geram. Anda bisa membentuk tim khusus yang gunanya adalah supaya bisa menghadapi media, baik secara online maupun offline.

Tim seperti ini akan melakukan analisis pada artikel keyword maupun percakapan yang terjadi pada media sosial dengan cara intensif untuk mengetahui seperti apa respon publik atas permasalahan yang terjadi dan bagaimana dampaknya pada brand maupun layanan anda.

Menegaskan Positif Track Record dari Perusahaan

Ketika berhadapan dengan krisis, sangat penting untuk perusahaan agar bisa menghubungkan situasi dengan konteks tertentu, supaya membantu Anda melindungi reputasi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Benarkah Press Release Bisa Tingkatkan Kinerja SEO?

Memilih Orang sebagai Juru Bicara

Komunikasi bisa menjadi suatu hal yang krusial saat mengatasi krisis public relations. Klik atau memasyarakat pasti menanti anda untuk mengeluarkan pernyataan resmi yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi. Maka dari itu, Anda bisa memilih seseorang untuk menjadi juru bicara mewakili perusahaan. Hal tersebut mungkin akan semakin sulit apabila dilakukan dalam perusahaan yang besar, namun ini termasuk sebagai salah satu kunci mengatasi krisisnya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa juru bicara Anda telah memiliki pemahaman yang mendalam tentang kondisi yang terjadi, sehingga nantinya bisa menghadapi tanggapan dan pertanyaan yang masuk.

Merencanakan Secara Khusus untuk Media Sosial

Media sosial dapat menjadi salah satu alat yang tepat untuk membantu perusahaan saat menangani krisis. Bahkan Apabila akun media sosial perusahaan anda tidak didesain secara khusus yang bertujuan sebagai layanan customer service (CS), maka hal ini tidak akan bisa memberikan pencegahan pada orang-orang untuk menghubungi anda dan menanyakan berbagai pertanyaan maupun pernyataan yang berkaitan dengan krisis Memanfaatkan media sosial adalah salah satu pendekatan yang transparan dan proaktif untuk menangani komplain. Dibandingkan menunggu orang lain untuk meminta pernyataan anda, maka lebih baik pihak anda lebih jujur dan terbuka terlebih dahulu.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianya jasa publikasi media nasional. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa publikasi media nasional ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.