#1 Your Trusted Business Partner

Mengenal Lebih Jauh Siaran Pers dan Seperti Apa Cara Publikasinya

KangFirman

Mengenal Lebih Jauh Siaran Pers dan Seperti Apa Cara Publikasinya

Jasa Publikasi Media Nasional – Siaran pers atau yang juga seringkali dikenal sebagai press release adalah elemen yang sangat penting dalam menginformasikan suatu hal pada publik atau masyarakat. Dapat dipastikan bahwa tujuan utama dari siaran pers ini adalah untuk menyebarkan informasi penting tentang seseorang, perusahaan, maupun masyarakat yang lebih luas bahkan hingga seluruh penjuru Indonesia. Siaran Pers seperti ini pada umumnya akan dipublikasikan oleh jasa publikasi media nasional yang bertugas untuk membantu public relations dari perusahaan. Baik itu untuk perusahaan, seseorang, maupun kelompok tertentu, sia ini bisa semakin menguatkan kesadaran merek dan membangun citra perusahaan yang baik.

Mengenal Siaran Pers

Press release atau siaran pers merupakan bentuk publikasi yang bisa dipergunakan untuk menyebarkan informasi yang penting dari seorang individu maupun suatu perusahaan. Pada umumnya, sia tim hubungan masyarakat atau tim publik relations dan kemudian didistribusikan pada rekan media seperti salah satunya adalah jasa publikasi media nasional. Biasanya, perusahaan akan melakukan penerbitan siaran pers pada saat beberapa hal berikut ini terjadi, antara lain:

  • Saat sedang peluncuran layanan atau produk baru
  • Sebelum maupun sesudah acara public relations, termasuk acara Amal
  • Memenangkan sebuah penghargaan
  • Terjadinya perubahan secara strategis
  • Melakukan merger atau kemitraan baru
  • Rebranding
  • Melakukan perekrutan baru untuk posisi pegawai yang strategis
  • Mengatasi sebuah krisis

Tentu saja semuanya dapat melakukan penerbitan press release mengenai pencapaian yang telah dicapai oleh perusahaan maupun seseorang. Dengan canggihnya teknologi yang sangat maju dan berkembang pesat pada saat ini, siaran pers bisa dipublikasikan bukan hanya pada situs media saja, namun juga pada berbagai media sosial dalam bentuk visual. Maka dari itu, siaran pers wajib untuk dituliskan dengan panjang tulisan yang tepat, antara 300 hingga 500 kata saja. Supaya lebih menarik, tim public relations dapat menambahkan visual pada press release.

Penyisipan visual tersebut bisa berupa foto, video, hingga infografis yang pastinya jelas dan bermakna untuk memberikan dukungan atas isi press release anda. Di samping itu, nanti juga bisa memasukkan statistik mengenai perusahaan atau diri anda sendiri untuk memberikan dukungan pada klaim isi siaran pers. Sangat penting untuk membuat judul yang menarik, supaya audience bisa tertarik untuk membaca seluruh isi dari press release anda.

Baca Juga: Apa Saja yang Wajib Tertulis dalam Siaran Pers Bisnis?

Anda bisa memberikan jawaban atas 5W pada paragraf bagian pertama, kemudian juga bisa dengan memberikan lebih banyak detail di paragraf selanjutnya. Jangan lupa untuk menambahkan ajakan untuk bertindak atau yang seringkali dikenal dengan CTA, yakni call to action yang jelas pada paragraf terakhir.

Cara Mempublikasikan Siaran Pers

Mampu melakukan penerbitan maupun mempublikasikan siaran pers akan membuat Anda memperoleh lebih banyak sorotan media, sehingga para audience akan mengambil tindakan yang diinginkan tergantung dari siaran pers yang dibaca. Lantas, Bagaimana cara untuk mempublikasikan atau menerbitkan siaran pers? Hal penting pertama yang harus dilakukan adalah dibawa press rilis Sudah ditulis dengan baik serta mengikuti standar penulisan yang tepat. Lalu, kedua yang harus dilakukan adalah memeriksa kembali siaran pers, jangan sampai terdapat salah ketik maupun kalimat yang tidak perlu, supaya terlihat semakin profesional.

Sesudah melakukan koreksi, inilah saatnya melakukan penerbitan siaran pers. Terakhir, untuk memastikan bahwa press rilis Anda diterbitkan dengan baik pada waktu yang anda inginkan, anda bisa melakukan pengiriman press release pada layanan publikasi media online yang terpercaya

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianya jasa publikasi media nasional. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa publikasi media nasional ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Satu tanggapan untuk “Mengenal Lebih Jauh Siaran Pers dan Seperti Apa Cara Publikasinya”

  1. […] Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Siaran Pers dan Seperti Apa Cara Publikasinya […]

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.