Penting bagi bisnis, domain internet kini dapat dimiliki gratis

Asa Ardiana

domain 1a

 

Jakarta (PUBLIKASI.CO.ID) — Internet saat ini memainkan peran krusial dalam membangun bisnis secara online. Salah satu kepingan untuk membangun presensi tersebut adalah dengan memiliki domain internet yang menarik.

 

Pada beberapa tahun yang lalu, biaya registrasi domain terbilang cukup mahal. Namun, kini sudah banyak website builder yang menawarkan domain gratis.

 

“Domain adalah suatu identitas sebuah website di internet. Sebuah domain terdiri dari nama domain dan ekstensi,” ujar pakar internet, Irene Joos.

 

Berikut adalah penjelasan tentang informasi yang perlu Anda ketahui tentang domain, dari cara memilih nama domain hingga cara membuat domain gratis

 

Nama domain adalah alamat suatu website yang ada di internet. Sejatinya, sebuah website terdiri dari deretan angka, atau yang biasanya disebut alamat IP.

 

Untuk dapat mengakses website yang tidak memiliki nama domain, maka Anda harus mengetikkan alamat IP di kolom pencarian browser Anda.

Lantaran mengakses website dengan alamat IP cukup menyulitkan konsumen, maka dibuatlah nama domain.

 

Ada banyak registrar domain yang tersedia online. Meski demikian, database nama domain terpercaya adalah Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Organisasi ini mengelola semua data domain dan alamat IP, termasuk data kepemilikan sebuah nama domain.

 

Kemudian, registrar nama domain lain bekerja dengan melacak penggunaan nama domain dan memastikan tidak ada domain baru yang sama persis dengan nama domain yang sudah digunakan. Saat mendaftarkan nama domain, Anda harus menyertakan informasi kontak terbaru, alamat tempat tinggal, alamat email, dan nomor telepon kepada registrar domain.

 

Adapun harga domain cukup bervariasi. Meski demikian, Anda mungkin perlu merogoh biaya sedikit lebih banyak jika ingin menggunakan TLD yang populer.

 

Contohnya, untuk TLD .com, Anda perlu membayar sekitar $15 – $20/tahun.

 

Jadi, ekstensi domain yang Anda pilih akan menentukan harga domain. Domain .com umumnya akan lebih mahal dibandingkan domain .net atau .io.

 

Memilih Nama Domain

 

Dalam menjalankan bisnis, Anda akan mencoba berbagai macam cara untuk membuat bisnis Anda menarik perhatian konsumen. Di masa serba online seperti sekarang, kesuksesan sebuah website bisnis ditentukan oleh nama domain dan layanan web hosting yang Anda pilih.

Berikut beberapa tips memilih nama domain yang bisa Anda terapkan:

 

● Pilih nama domain yang mudah diingat. Nama domain terbaik untuk bisnis Anda adalah nama domain yang ada hubungannya dengan bisnis Anda. Dengan begitu, konsumen tidak akan kesulitan saat mencari website brand Anda.

● Singkat dan mudah dieja. Hindari nama domain yang terlalu susah untuk diketik. Pikirkan kata kunci yang ada kaitannya dengan bisnis Anda.

● Hindari penggunaan tanda hubung, simbol, dan angka. Pakai huruf dan kata-kata untuk membuat sebuah nama domain yang kuat.

● Sama dengan nama media sosial. Dalam bisnis online, konsistensi adalah hal yang penting. Dengan memiliki nama domain yang sama dengan nama akun media sosial bisnis, Anda akan lebih mudah mempromosikan website Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment