Pentingnya belajar bahasa Inggris sejak dini

Asa Ardiana

Ilustrasi 310522

Jakarta (PUBLIKASI.CO.ID) – Ada banyak pendapat yang berbeda tentang kapan sebaiknya anak mulai diajarkan bahasa Inggris atau secara umum bahasa asing. Secara kultur, masih ada banyak orang tua di Tanah Air yang merasa bahwa jika anak telah memulai belajar bahasa Inggris terlalu dini, maka hal itu akan berdampak negatif pada pemahaman mereka tentang bahasa ibu mereka.

Namun, menurut penelitian terbaru menyatakan bahwa mengenalkan bahasa asing sejak dini akan memudahkan anak-anak untuk memperoleh keterampilan bahasa secara umum. Dalam artikel ini, kita akan memperkenalkan beberapa manfaat memperkenalkan bahasa Inggris sejak anak usia dini.

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Belajar bahasa Inggris terdiri dari proses menggunakan kosakata baru untuk digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Anak-anak yang belajar bahasa asing sejak usia satu tahun akan lebih mungkin untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik ketimbang teman-temannya yang lain.

Memperluas Pandangan Anak tentang Dunia di sekitar Mereka

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan, maka sulit bagi semua anak di Tanah Air untuk mendapatkan perspektif global dalam paparan yang sama. Namun, mengekspos anak-anak kepada orang-orang dari berbagai latar belakang dan kebangsaan sejak usia muda akan membantu mereka memperluas pandangan mereka tentang dunia dan realita yang ada di sekitar mereka. Belajar bahasa Inggris adalah salah satu jalan pintas tercepat untuk memberi anak-anak kita kesempatan untuk belajar tentang budaya dan latar belakang yang berbeda.

Membantu Mempercepat Akuisisi Bahasa Ibu

Ternyata belajar bahasa Inggris atau bahasa asing apapun sejak usia dini memiliki pengaruh yang kuat terhadap penguasaan keterampilan bahasa ibu seorang anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar bahasa Inggris sejak usia muda, akan lebih memahami cara kerja kata dan kalimat yang memudahkan mereka untuk menggunakan bahasa ibu mereka. Oleh karena itu, adalah ide bagus untuk mengenalkan anak Anda pada bahasa Inggris sejak usia muda dan mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk masa depan.

Mempermudah Proses Belajar Bahasa Inggris

Ketika anak-anak bertambah besar seiring usia, mereka akan cenderung menganggap bahwa proses belajar bahasa Inggris sebagai momen “belajar” ingin menghindari paparan bahasa Inggris karena realita ‘belajar’ tadi. Selain itu, karena anak-anak telah dapat berbicara bahasa ibu mereka secara lancar maka mereka akan dapat membandingkan proses belajar bahasa asing dengan bahasa ibu yang dapat mereka gunakan dengan nyaman dan akhirnya memiliki sentimen negatif terhadap bahasa asing tersebut.

Namun, jika anak-anak telah terpapar bahasa asing sejak usia muda, maka mereka akan cenderung lebih menikmati proses belajar bahasa Inggris dan akan merasa nyaman di lingkungan yang serba Inggris. Proses ini juga akhirnya akan membantu anak dalam menguasai bahasa asing secara lebih cepat.

Semua proses belajar bahasa Inggris sejak dini akan jauh lebih mudah ditangani jika para orang tua memilih LingoAce. Startup pendidikan digital kelas dunia ini memiliki segudang pengalaman dalam meng-handle pendidikan sejak dini. Terbukti, LingoAce adalah salah satu dari hanya segelintir perusahaan digital yang berhasil masuk ke dalam daftar GSV EdTech 150 yang dikurasi oleh GSV Ventures dan terpilih sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan paling transformatif di dunia dalam kategori pembelajaran digital.

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dalam bahasa Inggris, LingoAce dengan sigap menyediakan media belajar bahasa Inggris yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak, serta mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas.

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment