Konferensi Pemimpin Multinasional Ketiga dibuka di Qingdao

Asa Ardiana

Logo qingdao

Qingdao (PUBLIKASI.CO.ID) – Pada siang hari tanggal 19 Juni, Konferensi Pemimpin Multinasional Ketiga di Qingdao yang diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Perdagangan Republik Rakyat Tiongkok dan Pemerintah Provinsi Shandong dibuka di Pusat Konferensi Internasional Qingdao. Penasehat Negara Tiongkok, Wang Yong, menyampaikan kata sambutannya dan mengumumkan pembukaan konferensi tersebut. Wang Yong menyatakan bahwa sejak reformasi dan pembukaan, semakin banyak perusahaan multinasional yang telah berinvestasi dan berintegrasi dengan Tiongkok, dan mereka tidak hanya mencapai kemajuan mereka sendiri, tetapi juga mendorong kemajuan ekonomi Tiongkok dan menggerakkan globalisasi ekonomi. Tiongkok selanjutnya akan mengendalikan akses pasar, mendorong persaingan yang adil, meningkatkan secara berkesinambungan liberalisasi dan fasilitasi tingkat perdagangan dan investasi, dan berusaha menciptakan lingkungan bisnis yang berorientasi pada pasar, dan berbasis prinsip hukum serta bertaraf internasional.

Pada acara pembukaan ini, Mantan Perdana Menteri Jepang, Fukuda Yasuo, Mantan Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, dan Wakil Perdana Menteri Hongaria, Mihály Varga menyampaikan video pidato mereka. Li Ganjie, Sekretaris Komite Partai Provinsi Shandong, menyampaikan pidatonya. Acara ini dipimpin oleh Zhou Naixiang, Gubernur Provinsi Shandong, dan dihadiri oleh Lu Zhiyuan, Wakil Sekretaris Komite Partai Provinsi Shandong dan Sekretaris Komite Partai Kota Qingdao.

Li Ganjie dalam pidatonya menyatakan bahwa dalam hal inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, menyambut perusahaan multinasional mendirikan kantor pusat internasional dan regional mereka dan pusat R&D di Shandong, untuk membentuk aliansi yang kuat dengan berbagai platform inovasi di Shandong. Dalam hal peningkatan industri, beliau berharap bahwa perusahaan multinasional bisa menerima Shandong sebagai titik poros utama tata letak global untuk mendorong rantai industri dan kerja sama rantai pasokan yang lebih terbuka dan menguntungkan; dalam hal karbon yang ramah lingkungan dan rendah karbon, perusahaan multinasional didukung untuk secara aktif berpartisipasi dalam pengembangan industri rendah karbon dan bangunan energi ramah lingkungan di Shandong; dalam hal kontak perdagangan, diperlukan untuk memajukan dengan cepat saluran logistik internasional dan mendorong kualitas dan peningkatan efisiensi perdagangan bilateral yang berkesinambungan; dalam hal kerja sama regional, yang penting adalah menjelajah pasar-pasar yang sedang berkembang dengan perusahaan multinasional, dan tetap memperluas bentuk bisnis baru, cara baru dan ruang kerja sama baru.

Sheng Qiuping, Wakil Menteri Perdagangan, mengungkapkan dalam pidatonya bahwa perusahaan multinasional tidak hanya sebagai peserta langsung dalam sirkulasi besar domestik tetapi juga penggerak utama dalam sirkulasi ganda domestik dan internasional. Tiongkok berkomitmen untuk membangun sistem ekonomi terbuka yang baru di tingkat yang lebih tinggi, mempercepat pembukaan kelembagaan, membangun platform terbuka bertingkat tinggi, mengoptimalkan lebih lanjut lingkungan komersial, dan meningkatkan tingkat jaminan layanan, sebagai upaya bagi perusahaan pembiayaan luar negeri bisa masuk dan tinggal di Tiongkok dan memperoleh kemajuan yang besar. Shandong adalah destinasi penting bagi perusahaan multinasional untuk berinvestasi di Tiongkok. Diharapkan bahwa mereka bisa mengambil manfaat dari platfrom konferensi, secara luas berbagi pengalaman kerja sama, meraih peluang untuk berinvestasi di Shandong dan melakukan pengembangan yang menyeluruh di Tiongkok, dan bersama-sama menciptakan situasi kerja sama baru yang saling menguntungkan.

Acara pembukaan konferensi ini dilakukan secara daring dan luring. Pemimpin dari 186 Fortune 500 perusahaan dan 290 perusahaan industri terkemuka, duta besar dari berbagai negara di Tiongkok, perwakilan organisasi internasional dan asosiasi bisnis terkait, serta para pakar dan cendekiawan, kepala kementerian dan komisi terkait Negara, dan pejabat terkait dari Provinsi Shandong hadir dalam acara tersebut, dengan lebih dari 5.600 peserta daring dan luring. Konferensi ini menyelenggarakan 44 kegiatan dalam 14 kategori, termasuk forum dan rapat sub-forum, dialog konferensi, rapat promosi perusahaan multinasional, promosi tingkat provinsi, dan acara penandatanganan proyek.

Narahubung: Ms. Zhu Yiling

Telepon: 0086-532-85911619

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment