10 solusi mudah pindahan rumah yang simple

Asa Ardiana

WhatsApp Image 2022 06 06 at 5.41.57 PM

Jakarta (PUBLIKASI.CO.ID) – Pindahan rumah merupakan suatu pekerjaan atau kegiatan yang sangat menguras pikiran dan tenaga. Karena dalam satu momen tersebut kamu harus memindahkan seluruh barang yang ada dalam rumah ke suatu tempat baru.

Permasalahan pindahan rumah pun tak berhenti disitu, selain harus mengangkat barang-barang yang berat, kotor dan berdebu, ketika sampai tujuan atau rumah baru,kamu juga dihadapkan pekerjaan untuk menyusun ulang barang yang telah kamu bawa.

Namun, perkembangan teknologi sekarang ini menjadikan pindah rumah bukan masalah yang berat lagi. Karena sekarang banyak perusahaan yang memberikan jasa pengiriman instan yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu.
Seperti Lalamove sebagai suatu aplikasi yang melayani solusi pindahan rumah. Dengan menggunakan jasa pengiriman tersebut maka satu pekerjaan untuk angkat barang telah diselesaikan. Meski demikian, agar pindahan kamu menyenangkan ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Di antaranya:

1. Beri Label Pada Setiap Kotak

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada merobek kotak karena kamu tidak tahu apa yang ada di dalam kardus tersebut. Untuk memudahkan mengidentifikasi barang bawaan kamu maka sebaiknya kamu memberikan label atau tandai setiap barang di dalam kotak saat berkemas.

Hal ini tentu akan membantu kamu ketika akan menyusun ulang atau membersihkan barang-barang tersebut. Tandai untuk melihat apa yang ada di dalam kotak yang dibawa. Mencentang kotak juga akan memudahkan kamu mempertimbangkan kembali barang-barang yang ingin kamu bawa.

2. Ukur dimensi

Perencanaan yang matang sebelum pindahan adalah dengan melakukan pengukuran setiap dimensi ruangan dengan barang yang akan kamu bawa. Jika ingin menata ruangan agar terisi dengan furnitur, ada baisampai kamu memindahkan furnitur ke suatu ruangan yang sebelumnya tidak pernah kamu ukur.

Mengukur sebelum memindahkan benda memiliki banyak keuntungan. Pertama, mencegah kecelakaan yang dapat menggores atau menggores furnitur. Hal ini juga membantu ketika membeli furnitur, kamu tahu ukuran meja dan kursi yang tepat jika ingin menempatkannya di kamar tidur.

3. Tutup jendela

Selain kamu harus mengetahui dimensi ukuran ruangan. penting untuk diingat di mana letak jendela karena kamu tidak ingin menghalangi sumber cahaya alami. Mengetahui ketinggian jendela juga akan memberi gambaran yang lebih baik tentang di mana akan menempatkan meja, kursi, dan perabotan lainnya secara proporsional, serta dekorasi dinding gambar dan foto keluarga.

4. Minta bantuan teman

Ketika kamu ingin pindahan rumah, maka kamu tidak bisa melakukannya sendiri, untuk itu disarankan kamu meminta bantuan orang terdekat yang ada disekitar kamu, bisa teman, tetangga atau orang yang biasa membantu di lingkungan sekitar.

Kamu bisa meminta tolong teman untuk membantu membersihkan barang-barang dan memindahkannya ke tempat baru. Itu juga tergantung pada seberapa banyak furnitur yang kamu bawa untuk dipindahkan. Jika tidak terlalu banyak, bantuan keluarga dekat mungkin sudah cukup. Karena membantu lebih banyak orang dapat meringankan beban.

Namun ketika kamu tidak memiliki siapa pun untuk membantu kamu, maka kamu bisa menggunakan jasa pindahan rumah yang sekarang ini dalam bentuk aplikasi.

5. Pilih waktu yang tepat

Sebelum kamu melakukan pindahan rumah, alangkah baiknya kamu mempersiapkannya dengan baik. Pilihlah waktu yang tepat, seperti waktu libur. Karena pindahan rumah merupakan pekerjaan yang cukup menguras fisik.

6. Siapkan mobilnya

Salah satu hal yang paling penting dalam pindahan rumah adalah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang-barang. Jika kamu bingung untuk menyewa kendaraan maka kamu bisa menggunakan aplikasi pindahan rumah seperti Lalamove.

Dengan menggunakan aplikasi kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat seperti harga yang transparan, barang yang terjaga, dan tentunya dilakukan dengan professional sehingga kamu tidak harus khawatir terhadap barang-barang yang kamu angkut.

7. Jangan pindahkan semuanya sekaligus

Jika itu tidak berhasil, jangan memaksakan diri untuk bergerak sekaligus. Saat berkemas, kamu perlu memisahkan barang-barang elektronik yang akan dibawa dengan mengemas dengan aman. Seperti televisi, laptop, kacamata, dan benda berat lainnya.

Jika memungkinkan, bawa barang elektronik dengan mobil. Jika kamu tidak bepergian terlalu jauh, cara ini biasanya berhasil karena barang elektronik dan barag pecah belah mudah rusak, sehingga harus sangat berhati-hati saat memakainya.

8. Lindungi Barang Pecah Belah

Ketika kamu akan pindahan, maka hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah bagaimana membawa barang pecah belah. Seperti piring dan gelas, juga membutuhkan perhatian lebih. Karena mengemas piring dan gelas dengan koran tidak efisien dan memakan waktu.

Untuk mencegah kejutan ketikan berada di dalam kendaraan seperti truk atau mobil, maka kamu bisa meletakkan handuk di atas kotak sebagai wadah. Kemudian dengan hati-hati letakkan piring dan gelas di dalam kotak.

Pastikan untuk menutupi bagian bawah dan atas dengan handuk tebal. Gunakan handuk sebanyak yang dibutuhkan. Barang pecah belah dijamin akan aman ketika terjadi goncangan selama perjalanan. Usahakan untuk tidak membawanya dengan truk, karena goncangan bisa merusaknya.

9. Jangan memaksakan diri

Setelah berhasil membawa barang ke rumah baru, kamu perlu rajin membersihkannya kembali. Jangan memaksakan diri. Beristirahatlah sebelum mengemas perabotan apa pun. Karena pindah membutuhkan waktu dan tenaga.

Jika kamu memiliki cukup waktu untuk bersantai, kamu bisa membongkar dan menata furnitur.

10. Gunakan jasa pindahan rumah

Jika kamu tidak memiliki waktu banyak dan tidak ingin repot atau merepotkan orang lain, maka kamu bisa menggunakan jasa perusahaan yang memberikan layanan pindahan rumah. Sekarang ini banyak aplikasi yang memberikan pelayanan seperti itu.

Kamu cukup menentukan kapan waktu pindahan, mempersiapkan barang dalam bentuk packing, maka kamu sudah bisa langsung memesan jasa pindahan rumah. Kamu cukup mengawasi dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Meski demikian, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat pindahan rumah, di antaranya:

1. Perencanaan yang kurang matang

Saat pindah ke rumah baru, kamu perlu merencanakan dengan matang. Kesalahan umum biasanya mengepak barang untuk beberapa hari terakhir atau mengepak barang untuk menit terakhir. Kamu perlu mencegah proses pemindahan secara terburu-buru. Siapkan waktu yang cukup sebulan sebelumnya (tergantung banyaknya barang yang akan dipindahkan).

2. Pindahkan semua barang lama ke rumah baru

Kesalahan lain saat pindah adalah memindahkan semua barang lama ke rumah baru. Kamu memindahkannya karena merasa membutuhkannya di masa depan. Hal ini tidak boleh dilakukan, karena selain kehabisan energi, biaya relokasi akan meningkat seiring dengan meningkatnya lalu lintas.

3. Siapkan tas darurat

Tas darurat dirancang untuk menyimpan dokumen penting, perlengkapan mandi, kosmetik, piring dan beberapa pakaian. Tujuannya agar kamu tidak perlu membuka barang-barang yang sudah tertata rapi di dalam koper lain hanya untuk mencari keperluan kamar mandi atau berganti pakaian.

Itulah beberapa tips dan kesalahan yang dapat kamu hindari ketika pindahan rumah. Sehingga pindahan rumah kamu tidak terasa berat dan menguras pikiran.

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment