Tips menambah berat badan ideal secara aman dan alami

Asa Ardiana

photo 1522844990619 4951c40f7eda

Jakarta (PUBLIKASI.CO.ID) – Siapa bilang memiliki berat badan berlebih menjadi satu-satunya tanda bahaya? Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan US National Library of Medicine, kekurangan berat badan ternyata sama buruknya dengan obesitas.

Dikutip dari ceklist.id, ditinjau dari sisi kesehatan, kekurangan berat badan dapat membuat risiko kematian dini meningkat menjadi 140 persen lebih besar pada pria, dan 100 persen lebih besar pada wanita. Kekurangan berat badan juga dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, osteoporosis, patah tulang, dan masalah kesuburan.

Lalu, dari segi penampilan, kekurangan berat badan juga menurunkan kepercayaan diri. Hal itu yang kemudian menjadi alasan mengapa banyak orang yang ingin menggemukkan badannya.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa menggemukkan badan juga bukan berarti Anda bisa makan berbagai makanan berlemak tanpa kendali. Ada beberapa hal yang perlu diikuti. Seperti menjaga pola makan sehat hingga konsumsi Susu Penggemuk Badan yang dianjurkan.

“Kelebihan berat badan merupakan peringatan karena selain tidak enak dalam memilih baju, kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit. Lakukan evaluasi dalam pola hidup sehat Anda. Apakah sudah cukup sayur dan buah, sudah cukup olahraga, sudah mengurangi cemilan dan lemak atau santan?,” kata dr. Andry Yoshua, Assistant Dermatology Consultant di Crystal Aesthetic Clinic Menteng.

Memiliki berat badan yang sangat kurus juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah, tulang rapuh, dan mudah lelah. Kamu perlu segera memeriksakan diri ke dokter apakah terdapat penyakit infeksi atau gangguan metabolisme jika sudah makan banyak tapi tetap kurus.

Oleh karena itu, ada beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat dilakukan. Maka, sangat penting untuk agar menjaga berat badan tetap ideal. Berikut adalah beberapa tips menaikkan berat badan secara alami:

1. Makan banyak kalori

Kamu bisa memulai pasang target 300-500 kalori per hari di atas tingkat rata-rata untuk menambah berat badan. Atau dengan makan setidaknya 700-1.000 kalori jika ingin menambah berat badan dengan cepat.

Memperbanyak mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman berkadar gula tinggi bukan cara terbaik untuk menggemukan badan. Kamu harus memenuhi kebutuhan gizi lewat makan makanan sehat. Caranya dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, serta sumber protein tanpa lemak, seperti kacang-kacangan, ikan, dan daging ayam tanpa kulit. Jenis makanan ini bisa membuat badan kamu menjadi lebih berisi dan sehat.

2. Makan lebih banyak protein

Nutrisi terpenting untuk menambah berat badan adalah protein. Perlu kamu tahu, otot terbuat dari protein. Tanpa adanya protein, maka sebagian besar kalori ekstra bisa menjelma jadi lemak tubuh. Jika kamu ingin menaikkan berat badan, targetkan untuk 0,7-1 gram protein per pound berat badan atau 1,5 hingga 2,2 gram protein per kilogram.

3. Rajin makan 3 kali sehari

Usahakan untuk tidak mengurangi karbohidrat atau lemak jika kamu ingin menaikkan berat badan. Sebab, membatasi asupan karbohidrat dan lemak akan membuat tubuh sulit mendapatkan kalori yang cukup. Maka, konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jika penambahan berat badan menjadi prioritas. Rajinlah makan 3 kali sehari.

4. Makan makanan padat energi

Penting sekali untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan tunggal. Makanan dengan bahan tunggal akan lebih banyak mengisi energi. Makanan ini juga mengandung banyak kalori yang menguntungkan.

5. Memilih cemilan bernutrisi

Ngemil adalah kegiatan yang dianggap ampuh untuk meningkatkan berat badan. Tapi, kamu harus ingat bahwa camilan seperti gorengan, kue-kue, dan keripik sangat tidak sehat dan tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Jadi, pilihlah camilan sehat. Misalnya tomat ceri, kacang macadamia, kacang almond, atau alpukat.

6. Ganti minuman manis dengan minuman sehat

Kamu suka minuman manis? Sebaiknya sekarang berpikir untuk menguranginya.Aneka minuman manis seperti kopi, minuman bersoda, dan alkohol, memang bisa membuat tubuhmu cepat gemuk. Tapi, kamu juga bisa terkena diabetes jika sering meminum minuman tersebut.

Maka, gantilah minuman manis dengan minuman lebih sehat, seperti jus buah atau smoothies tanpa gula, campuran susu dan yoghurt yang nikmat dan menyegarkan.

Perhatikan juga waktu saat kamu minum. Jika kamu minum banyak air sebelum makan, tentu akan membuat kamu merasa lebih kenyang. Dengan begitu, kamu akan sulit untuk mendapatkan asupan kalori yang cukup.

Sebaiknya, jangan minum air sebelum makan. Lebih baik lagi, jika kamu minum minuman tinggi kalori secara bersamaan dengan makan atau sebelum makan. Langkah ini bisa menjadi cara efektif untuk menambah berat badan secara alami.

7. Lakukan olahraga angkat beban

Bukan hanya untuk melangsingkan, olahraga juga bisa dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Olahraga yang melatih kekuatan, seperti berenang, aerobik, angkat beban, dan berlari bagus untuk menambah berat tubuhmu.

Jenis olahraga tersebut bisa membuat ototmu terbentuk dan tubuh menjadi lebih berisi. Kamu bisa menaikkan berat badan dengan pergi ke gym dan lakukan olahraga angkat beban 2 hingga 4 kali per minggu.

Terakhir, perlu kamu ingat bahwa sebelum memulai program penggemukkan badan, kamu perlu mengecek apakah berat badan kamu memang berada di bawah berat badan normal atau sebaliknya.

Jika berat badan kamu kurang dari kondisi ideal, maka jangan gunakan cara yang sembarangan untuk membuat tubuh menjadi berisi. Hindari mengkonsumsi junk food, sering minum minuman yang manis, dan malas berolahraga. Mulailah terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi.

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment