Wujudkan keamanan siber, DAHANA gandeng BSSN RI

Asa Ardiana

IMG 20220714 WA0053

Subang (PUBLIKASI.CO.ID) – Dalam rangka memperkuat keamanan siber di PT DAHANA, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia menggelar asesmen Cyber Security Maturity (CSM) pada perusahaan bahan peledak tersebut. Direktur Keamanan SIber dan Sandi Industri, Intan Rahayu beserta rombongan diterima oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA, Suhendra Yusuf RPN bersama tim IT DAHANA, pada Selasa 12 Juli 2022 di Kampus DAHANA, Subang.

Dalam sambutannya, Suhendra menyampaikan, DAHANA tergabung dalam Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID, yang juga berkaitan erat dengan keamanan siber. Pihaknya sangat peduli terhadap kebutuhan teknologi terutama di bidang Teknologi Informasi. DAHANA saat ini juga terus mengembangkan IT untuk mendukung kegiatan perusahaan.

“Kami sangat concern terhadap dunia siber dan cyber security, sebab dari teknologi yang tercipta, ternyata juga terdapat ekses negatif yang dihadapi oleh dunia, seperti kejahatan siber, hingga terorisme siber. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama BSSN dengan DAHANA,” ujar Suhendra.

Sebagai Objek Vital Nasional, persoalan Cyber Security merupakan hal yang sangat krusial bagi DAHANA. Oleh sebab itu, DAHANA melakukan penandatanganan perjanjian kerahasiaan dengan BSSN dalam rangka memastikan bahwa data dan informasi yang diberikan untuk proses verifikasi self assessment cyber security maturity dapat terjaga.

Penandatanganan perjanjian kerahasiaan dengan BSSN ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang keamanan siber yang telah ditandatangani oleh kedua belah puhak pada tanggal 28 Oktober 2019.

“Tujuanya adalah untuk mengetahui posisi Maturitas Keamanan Siber yang ada di DAHANA serta dapat melakukan perbaikan dan improvement dari hasil asesmen yang dilakukan,” lanjut Suhendra.

Menurut Novian Tiandini, Supervisor Perencanaan dan Tata Kelola TI DAHANA, secara umum hasil verifikasi CSM mengalami peningkatan dari hasil self assessment yang dilakukan oleh DAHANA.

“Jadi tahapannya, DAHANA melakukan self assessment terlebih dahulu, kemudian selama dua hari ini, tim BSSN datang ke DAHANA untuk memverifikasi hasil self assessment dengan melihat bukti atau evidence secara langsung. Alhamdulillah nilai CSM DAHANA mengalami peningkatan,” ungkap Novian Tiandini.

Penandatanganan perjanjian kerahasiaan dengan BSSN ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang keamanan siber yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 28 Oktober 2019.

© PUBLIKASI.CO.ID 2022

Sumber: Antara.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment