#1 Your Trusted Business Partner

Mengenal Siaran Pers, Mulai dari Pengertian Hingga Format Bentuknya

KangFirman

Mengenal Siaran Pers, Mulai dari Pengertian Hingga Format Bentuknya

Jasa Press Release – Press release merupakan pernyataan resmi yang akan memberitahukan informasi mengenai sebuah peristiwa penting pada masyarakat umum. Press release atau yang dapat disebut dengan siaran pers ini biasanya akan ditulis oleh tim hubungan masyarakat dan dikirim pada rekan media yang akan melakukan penerbitan dari siaran pers ini. Jasa press release pada umumnya akan melakukan penerbitan syarat pers untuk memberikan pengumuman peluncuran layanan maupun produk baru, kemitraan baru, acara yang akan datang, dan berbagai hal lain yang penting untuk diketahui oleh publik.

Apa itu Siaran Pers?

Siaran pers merupakan bentuk publikasi yang telah disiapkan oleh tim public relations dan nantinya akan dikirimkan pada layanan press release untuk melakukan penerbitan. Supaya bisa dipublikasikan, maka public relations atau hubungan masyarakat harus melakukan pengiriman rancangan siaran pers pada jasa layanan press release, yang pastinya memiliki segudang pengalaman yang sama maupun paling tidak hampir sama dengan topik yang ditulis pada siaran pers. Dengan melakukan penerbitan siaran pers, perusahaan akan memperoleh perhatian masyarakat yang positif dan bisa menjadi viral dalam jalan yang baik. Lebih baik untuk melakukan pengoptimalan press release dengan memanfaatkan strategi SEO.

Hal seperti ini akan mengacu pada traffic situs perusahaan dan meningkatkan peringkatnya pada mesin pencari. Perlu diketahui bahwa siaran pers harus dirancang dan dipublikasikan pada berbagai kesempatan seperti berikut, diantaranya:

  • Meluncurkan layanan atau produk baru
  • Membangun kemitraan baru
  • Memenangkan sebuah penghargaan
  • Krisis sebagai upaya penanggulangan
  • Mengadakan acara yang akan datang

Apa Tujuan Siaran Pers?

Tentu saja terdapat tujuan dibalik pembuatan siaran pers, pers walaupun tujuannya yang tidak sama pada umumnya, namun secara umum siaran pers dilakukan dan dipublikasikan untuk mencapai beberapa tujuan berikut ini, antara lain:

  • Menciptakan reputasi perusahaan maupun perseorangan dengan baik
  • Menjalin hubungan yang baik antara masyarakat umum dan perusahaan, karena hal ini akan membantu perusahaan untuk publikasi yang berikutnya
  • Memberikan transparansi pada pemangku kepentingan atau pihak-pihak yang berkaitan
  • Menangkal publisitas yang negatif pada saat terjadi krisis
  • Menciptakan Citra yang positif
  • Jadi viral dengan cara yang baik
  • Memberikan pengumuman informasi yang layak untuk diberitakan pada masyarakat di penjuru nusantara mengenai perusahaan
  • Memberikan peningkatan pada jumlah prospek dan penjualan.

Baca Juga: Wajib Ketahui Tips yang Tepat untuk Menentukan Target Pemasaran

Seperti Apa Struktur Press Release?

Informasi Kontak

Informasi kontak merupakan struktur dari siaran pers yang berada pada bagian paling atas. Informasi seperti ini biasanya meliputi nama perusahaan, email, alamat, dan nomor telepon.

Logo

Suatu icon atau simbol yang mewakili suatu badan usaha adalah definisi dari logo. Maka dari itu, penting menyisipkan logo di bagian atas, yaitu di samping kontak informasi yang mana akan secara langsung memberitahu para masyarakat maupun jasa press release mengenai sumber press release yang akan dibaca dan ditangani.

Dateline

Lain hal dengan tenggat waktu yang biasanya dikenal dengan deadline, dateline merupakan tanggal publikasi yang direncanakan. Apabila memang harus segera diterbitkan maka penting untuk menulis “UNTUK SEGERA DITERBITKAN” atau apabila tidak maka tulis tanggal publikasi yang anda inginkan.

Judul

Wajib untuk membuat judul yang pastinya akan membuat audience menaruh perhatian. Ingat bahwa panjangnya lebih baik tidak lebih dari 70 karakter.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, struktur dari siaran pers yang selanjutnya adalah pendahuluan, isi, dan penutup sesuai dengan tujuan mengapa siaran pers ini dibuat.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianyajasa press release.Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanyajasa press release ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Satu tanggapan untuk “Mengenal Siaran Pers, Mulai dari Pengertian Hingga Format Bentuknya”

  1. […] Baca Juga: Mengenal Siaran Pers, Mulai dari Pengertian Hingga Format Bentuknya […]

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.