#1 Your Trusted Business Partner

Apakah Press Release Sama dengan Berita?

KangFirman

Apakah Press Release Sama dengan Berita?

Jasa Press Release – Baik sebagai penulis maupun pembaca, dapat dipastikan wajib mengerti perbedaan informasi yang dikonsumsi atau yang akan dirilis. Mungkin tidak jarang orang yang masih menganggap bahwa press release dan berita merupakan kedua tulisan yang sama. Hal tersebut dikarenakan sekilas press release akan tampak sama dengan berita, sebab masih termasuk pada golongan atau kategori berita. Siaran pers sendiri biasanya dibutuhkan oleh perseorangan, perusahaan, maupun pemerintah untuk menyampaikan informasi, serta biasanya dirilis oleh jasa press release. Meski berita dan siaran pers memang masih saling berkaitan, sebab sama-sama menginformasikan dan mempergunakan metode jurnalistik.

Namun, terdapat berbagai poin yang membedakan press release dan berita. Ulasan Berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Mengenal Press Release

Siaran pers atau yang dikenal dengan press release merupakan informasi maupun berita yang dikirimkan perusahaan Untuk menginformasikan melalui media untuk publik. Pada umumnya, press release akan ditangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk mempublikasikannya seperti halnya jasa press release. Diketahui bahwa siaran pers dikirimkan pada saat ada sebuah hal yang penting pada perusahaan. Dijelaskan juga bahwa press release merupakan dokumen ringkas yang dibuat dengan gaya jurnalistik dan memberikan penyajian informasi yang layak diberitakan. Sehingga penting untuk menulis siaran pers dengan menggunakan prinsip 5W + 1H pada saat pembuatannya

Nantinya perusahaan maupun lembaga akan mengirimkan press release pada media melalui email redaksi maupun secara pribadi pada layanan maupun jasa yang bisa mempublikasikannya. Selain dikirimkan pada pihak yang mempublikasikan, perusahaan pun bisa mengupload press release ini melalui situs perusahaan maupun media sosial perusahaan. Apabila dilihat dari definisinya, siaran pers merupakan elemen penting untuk suatu lembaga maupun perusahaan. Terdapat banyak alasan mengapa siaran pers merupakan hal yang penting saat mengembangkan suatu bisnis oleh suatu perusahaan.

Seperti halnya ketika sebuah perusahaan baru saja meluncurkan produk atau layanannya, pastinya mereka akan membutuhkan press release. Pada saat lembaga maupun perusahaan akan mengadakan suatu kegiatan, maka seringkali mereka juga akan memerlukan jasa untuk mempublikasikan press release.

Baca Juga: Media: Alat Terbaik Bagi Jasa Publikasi Media Nasional

Mengenal Berita

Tidak jarang yang mengira bahwa siaran pers merupakan berita yang dipublikasikan melalui media. Tetapi perlu diketahui bahwa angka pernyataan seperti ini kurang tepat, sebab definisi dari siaran pers dan berita adalah kedua hal yang berbeda. Berita merupakan informasi yang aktual dan menarik perhatian publik atau masyarakat tidak. Pada umumnya, isi dari berita merupakan informasi yang diperlukan oleh masyarakat secara umum dan sifatnya keseharian. Di samping itu, informasi yang tertulis pada berita pun harus digunakan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang yang akan membacanya.

Sangat penting untuk menghindari berbagai istilah teknis yang mungkin saja tidak dimengerti oleh orang-orang yang akan membacanya. Sesuai dengan definisinya, berita harus ditulis berdasarkan fakta dan secara aktual. Untuk memperoleh fakta ini, dapat dipastikan bahwa berita harus didukung dengan narasumber yang kredibel melalui sebuah wawancara. Apabila beritanya berkaitan dengan isu politik, maka yang harus diwawancarai sebagai narasumber merupakan orang-orang yang berasal dari kalangan politikus yang kredibel. Jangan pernah ragu untuk melakukan wawancara pada orang yang akan menunjang berita Anda semakin Kredibel.

Wajib untuk diketahui, bahwa telah banyak-berita hoax atau berita bohong yang tersebar pada saat ini. Sebagai penulis jangan sampai Anda menyebarkan tulisan-tulisan seperti ini, tentu penting untuk tetap menjaga kredibilitas tulisan yang akan dipublikasikan secara luas, baik Ketika menulis berita maupun press release.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianya jasa press release. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa press release ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Satu tanggapan untuk “Apakah Press Release Sama dengan Berita?”

  1. […] Baca Juga: Apakah Press Release Sama dengan Berita? […]

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.