#1 Your Trusted Business Partner

3 Hal yang Wajib Tertulis dalam Siaran Pers, Ketahui Apa Saja!

KangFirman

3 Hal yang Wajib Tertulis dalam Siaran Pers, Ketahui Apa Saja!

Jasa Publikasi Media Online – Para profesional Public Relation selalu bertanya-tanya tentang template siaran pers. Tetapi, tidak jawaban untuk pertanyaan tentang hal ini. Sebaliknya, pertanyaan tersebut kuncinya adalah “Mengapa berita ini penting?”, maka setiap siaran pers harus menjawabnya. Terutama jika Anda ingin mendapatkan liputan media – memastikan siaran pers yang dipublikasikan oleh jasa publikasi media online Anda relevan untuk audiens jurnalis sangat penting. Faktanya, para jurnalis sangat mengandalkan siaran pers: 74% ingin menerimanya dari tim PR, dan 68% menggunakannya untuk ide cerita. Itu menurut Laporan Keadaan Media terbaru kami.

Jadi, ada baiknya Anda membuat siaran pers Anda menonjol – dan inilah caranya. Di bawah ini, kami telah menguraikan hal-hal yang harus ada dalam siaran pers Anda, cara-cara untuk mendapatkan jarak tempuh yang maksimal dari setiap siaran pers, dan cara memahami apakah upaya Anda membuahkan hasil. 

Elemen yang Harus Dimiliki dalam Siaran Pers Anda

Judul Menarik agar Membuat Audiens Tetap Membaca

Selain menjawab pertanyaan “Untuk apa?” langsung pada awalnya, judul Anda juga penting menyertakan kata kerja tindakan positif agar bisa memberikan penyampaian pesan utama saat menulis 60 karakter pertama (SEO dibuat tujuannya adakah supaya Anda harus selalu berusaha untuk menjaga judul Anda menjadi 100 karakter atau kurang). Untuk konten yang selalu ada atau kepemimpinan pemikiran, pimpin dengan ceritanya – bukan mereknya (seperti yang dilakukan oleh Biro Periklanan Video dalam rilis ini). Judul yang tidak bermerek adalah pendekatan pemasaran konten yang hebat. Terakhir, gunakan subjudul untuk memberikan konteks tambahan – poin data, tanggal acara, dll.

Ajakan Bertindak (Call to Action / CTA) yang Jelas dan Ringkas

Apa yang Anda ingin pembaca lakukan setelah terlibat dengan konten Anda? Perjelas dengan menyertakan CTA yang kuat yang mendorong audiens Anda – baik itu media, investor, atau konsumen – untuk mengambil langkah selanjutnya (apakah itu mengikuti Anda di media sosial, mendaftar ke sebuah acara, mengunjungi situs web untuk mempelajari lebih lanjut, dll.).

Pastikan CTA Anda menonjol:

  • Menempatkannya “di atas lipatan” atau di dekat bagian atas sehingga pembaca dapat melihatnya sejak awal
  • Bersifat deskriptif dan menyertakan kata kerja tindakan yang kuat, bukan hanya “klik di sini”
  • Menebalkannya dan menjadikannya paragraf yang berdiri sendiri

Baca Juga: Mengubah Liputan Media menjadi Peluang Bisnis dengan Press Release

Format untuk Mendorong Keterlibatan

Tampilan rilis Anda sama pentingnya dengan apa yang tertulis di dalamnya. Pemformatan yang yang strategis akan bisa membantu Anda untuk memastikan keterbacaan, menarik perhatian audiens, dan menyampaikan berbagai pesan utama dengan jelas. Pertimbangkan untuk menerapkan elemen-elemen pemformatan yang kecil namun penting ini ke dalam siaran pers Anda:

  • Daftar berpoin untuk poin-poin penting
  • Judul bagian yang dicetak tebal dengan tujuan memecah teks
  • Elemen multimedia (gambar yang disematkan infografis, video, dan lain sebagainya)
  • Paragraf pendek dengan dua atau tiga kalimat agar lebih mudah dibaca
  • Poin Bonus

Sedangkan, untuk meningkatkan keterlibatan jasa publikasi media online, pertimbangkan kiat-kiat tambahan berikut ini: 

Info kontak media yang jelas (Tips Pro: Pastikan kontak media sudah tersedia beberapa hari setelah siaran pers Anda didistribusikan).

  • Kutipan eksekutif yang relevan dan ringkas
  • Bahasa penceritaan yang alami
  • Tidak ada jargon industri
  • Dapatkan Jarak Tempuh Lebih Jauh dari Siaran Pers Anda

Mengirimkan siaran pers seharusnya tidak menjadi upaya sekali jadi. Lagi pula, Anda telah bekerja keras untuk membuat berita yang menarik dan layak diberitakan – mengapa tidak mencoba untuk mendapatkan hasil yang lebih dari itu? Melakukan pitching kepada reporter individu dan menempatkan siaran pers Anda di layanan berita tentu saja membantu meningkatkan visibilitas dan peluang untuk mendapatkan media.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk serta layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianya jasa publikasi media online. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa publikasi media online ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi cukup dengan menghubungi kami melalui Kontak Sarana Komunikasi!

Bagikan:

Tags

Related Post

Satu tanggapan untuk “3 Hal yang Wajib Tertulis dalam Siaran Pers, Ketahui Apa Saja!”

  1. […] Baca Juga: 3 Hal yang Wajib Tertulis dalam Siaran Pers, Ketahui Apa Saja! […]

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.