#1 Your Trusted Business Partner

Haruskah Memiliki Public Relations pada Sebuah Perusahaan? Mengapa?

KangFirman

Haruskah Memiliki Public Relations pada Sebuah Perusahaan? Mengapa?

Jasa Publikasi Media OnlinePublic relations merupakan proses komunikasi strategis yang penting dilakukan sebagai upaya membangun hubungan yang saling menguntungkan antara publik dan perusahaan. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Indonesia, publik relation ini dikenal sebagai hubungan masyarakat atau humas. Public relations ini juga bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan pada publik dengan baik.

Untuk mencapai tujuan seperti ini pastinya pihak perusahaan dari publik relation penting untuk membangun dan menerapkan strategi yang solid untuk menyebarkan informasi tentang produk maupun jasa, meningkatkan kesadaran merek, dan mempertahankan Citra merek yang baik. Inilah fungsi utama darijasa publikasi media online yang seringkali digunakan oleh perusahaan sebagai humas eksternal.

Mengenal Public Relations

Berikut ini adalah definisi dari hubungan masyarakat atau public relations menurut para ahli.

  • Menurut Dan Gersten, Hubungan Masyarakat merupakan penciptaan distribusi sekaligus penyebaran pesan serta komunikasi untuk melakukan promosi dan memberikan pertumbuhan kesadaran, asosiasi, Citra, dan persepsi yang positif dari seseorang tempat maupun barang di antara masyarakat tertentu untuk memberikan pengaruh pada perilaku yang diinginkan.
  • Dilansir dari Brass Knuckles Media, menurut Shennandoah Diaz Hubungan Masyarakat merupakan proses membuat hubungan yang tulus dan terjadi antara organisasi maupun seseorang dengan banyak orang yang benar-benar bisa mengambil manfaat dan peduli dengan pesan yang disampaikan.

2 Jenis Public Relations

Berikut ini adalah kedua jenis hubungan masyarakat atau public relations, yang terdiri dari internal dan eksternal.

Internal Public Relations

Humas internal atau public relations internal memiliki tujuan untuk menjaga hubungan yang baik dan sehat antara pihak internal dengan perusahaan, pihak internal seperti halnya pemegang saham dan karyawan. Aktivitas yang dilakukan oleh humas internal secara efektif bisa memberikan peningkatan motivasi dan mengelola komunikasi internal secara baik dengan karyawan dan investor.  terdapat beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh internal public relations, diantaranya:

  • Mempersiapkan perpustakaan daring agar bisa mempermudah karyawan untuk menemukan dokumen, kebijakan, dan berbagai hal lainnya.
  • Memberikan penerapan sesi mendengarkan maupun survei karyawan untuk memahami tantangan dan masalah yang sedang dihadapi. Cara seperti ini akan membuat perusahaan bisa memberikan solusi yang efektif.
  • Membuat platform secara internal yang mana seluruh karyawan bisa berbagi pengalaman dan perusahaan juga bisa berbagi informasi mengenai event internal yang akan digelar dan berbagai informasi penting lainnya.

Baca Juga: Lebih Baik Tidak Melakukan 3 Hal Ini dalam Pembuatan Press Release

External Public Relations

Humas eksternal ini tujuannya adalah untuk menyebarkan berbagai berita baik dan Citra perusahaan pada publik maupun masyarakat luas. Pada umumnya, aktivitas seperti ini biasanya dibantu oleh jasa publikasi media online untuk mempublikasikan ke seluruh negeri. Terdapat beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh external public relations, antara lain:

  • Melakukan penerbitan siaran pers atau press release untuk peluncuran layanan maupun produk baru, suatu kemitraan baru, sebuah acara, dan berbagai hal lain yang layak diberitakan pada publik.
  • Bekerjasama dengan tim marketing untuk mempergunakan saluran iklan berbayar untuk memberikan peningkatan brand awareness, sehingga juga akan memberikan peningkatan pada penjualan.
  • Merancang dan melakukan kampanye tanggung jawab sosial perusahaan agar bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan pemerintah, serta membangun citra merek yang baik.
  • Berkomunikasi dengan pemerintah apabila diperlukan, hal ini tidak jarang dibutuhkan presentasi yang bagus dan juru bicara yang telah memiliki pengalaman.
  • Mengadakan event hubungan masyarakat untuk meningkatkan brand awareness atau juga dengan melakukan promosi layanan maupun produk terbaik baru.

Untuk mendapat eksposur yang lebih luas bagi produk maupun layanan yang Anda miliki, Anda dapat memanfaatkan dengan tersedianya jasa publikasi media online. Dengan adanya jasa ini akan turut dalam membantu komunitas yang inklusif serta sangat beragam, memastikan jika pesan yang Anda sampaikan akan tersampaikan kepada khalayak umum dengan tepat dan efektif atas adanya jasa publikasi media online ini. Ayo bergabung dalam perjalanan menuju keberagaman serta inklusi melalui kekuatan dan kepuasan yang diberikan melalui Kontak Sarana Komunikasi kami.

Bagikan:

Tags

Related Post

Satu tanggapan untuk “Haruskah Memiliki Public Relations pada Sebuah Perusahaan? Mengapa?”

  1. […] Baca Juga: Haruskah Memiliki Public Relations pada Sebuah Perusahaan? Mengapa? […]

Tinggalkan komentar

Tingkatkan popularitas, elektabilitas dan kredibilitas bisnis Anda dengan Jasa Publikasi Media Online.